Untuk mengajukan paspor, KTP atau dokumen identitas lainnya di Indonesia, Anda harus menyerahkan foto paspor yang sesuai. Ukuran normal di Indonesia adalah 2X3 dan penting untuk mengubah ukuran pas foto Anda dengan benar sebelum mengirimkannya. Pada panduan kali ini kami akan memandu Anda tentang cara ubah ukuran pas foto 2×3 agar sesuai dengan persyaratan pengajuan paspor Indonesia.

Berapa Ukuran Foto 2×3

Tentu saja, satuan ukuran yang berbeda akan memberikan nilai yang berbeda pula pada gambar 2×3. Periksa ukuran pasti foto 2×3 dalam cm, mm, inci, dan piksel berikut ini:

  • Ukuran foto 2×3 dalam cm

Dalam centimeter, foto berukuran 2×3 berukuran tinggi 2,79 cm dan lebar 2,16 cm.

  • Ukuran foto 2×3 dalam mm

Foto 2×3 dalam milimeter memiliki lebar 21,6 mm x tinggi 27,9 mm.

  • Ukuran foto 2×3 dalam inci

Jika ukuran foto 2×3 cm diubah menjadi inci, maka ukurannya menjadi lebar 0,85 inci x tinggi 1,11 inci.

  • Ukuran foto 2×3 dalam piksel

Ukuran foto 2×3 dalam piksel adalah 255 x 330 piksel. Ukuran ini menggunakan DPI 300 yang merupakan standar DPI yang sangat direkomendasikan saat mencetak.

Untuk Apa Ukuran Foto 2×3?

Foto ukuran 2×3 mempunyai kegunaan yang beragam di Indonesia. Misalnya, dapat digunakan untuk:

  1. KTP (dokumen identitas yang dikeluarkan pemerintah dan bukti kewarganegaraan bagi warga negara Indonesia.)
  2. KTM (Kartu Identitas Siswa pada saat pendaftaran sekolah.)
  3. Buku Nikah. Sebelum menikah, calon pasangan harus mendapatkan akta nikah, dan pasangan suami istri dapat mencetak kartu nikah digital.
  4. Lamaran pekerjaan. Saat mencari pekerjaan baru, Anda perlu melampirkan foto pribadi ke CV Anda.
  5. Pendaftaran ulang Universitas. Calon mahasiswa baru perlu melakukan pendaftaran ulang di perguruan tinggi tersebut. Dalam sistem pendaftaran, pelamar harus menyerahkan gambar biometrik dan informasi pribadinya.
  6. Ujian. Foto ukuran 2×3 harus diserahkan saat mendaftar ujian apa pun di Indonesia, termasuk ujian profesional dan akademik.

Cara Ubah Ukuran Foto 2×3

Berkat alat pengubah ukuran foto tersebut, mengubah ukuran foto menjadi 2×3 menjadi sangat mudah. Mereka dapat diakses di browser web apa pun dan memotong ukuran foto dengan langkah sederhana. Anda juga dapat ubah foto ke ukuran yang umum digunakan 3×4, 4×6, dll. Berikut beberapa alat yang berguna untuk Anda:

AiPassportPhotos

Sebagai pengubah ukuran foto online khusus, AiPassportPhotos sangat direkomendasikan. Secara otomatis dapat mengubah ukuran foto Anda menjadi rasio 2×3 untuk paspor Indonesia dan dokumen lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk memotong foto ke rasio lain, seperti 3×4, 4×6, dll.

Lihat cara ubah ukuran foto 2×3 dengan AiPassportPhotos:

Langkah 1. Buka pengubah ukuran foto 2×3 online AiPassportPhotos. Kemudian unggah foto Anda.

Langkah 2. Periksa hasil pengubahan ukuran foto 2×3 otomatis. Kemudian tekan tombol Download untuk menyimpan gambar.

🔎Jika Anda ingin mendapatkan foto pas ukuran lebih besar, Anda dapat mengunjungi bagian khusus kami. Alat pengubah ukuran foto online memungkinkan Anda ubah ukuran foto 3×4.

Image Pi 7

Image Pi 7 adalah pengubah ukuran foto online sempurna lainnya, yang memungkinkan Anda memotong foto ke rasio 2×3. Antarmuka penggunanya yang sederhana membuatnya lebih mudah digunakan. Yang terpenting, ini memungkinkan Anda menyesuaikan ukuran foto dengan memasukkan nilai tinggi dan berat apa pun. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah ukuran foto menjadi 2×3 dengannya:

Langkah 1. Buka pengubah ukuran foto Image Pi 7 online. Kemudian unggah foto Anda.

Langkah 2. Ubah berat dan tinggi foto. Kemudian ubah ukurannya.

Langkah 3. Periksa hasilnya dan unduh gambarnya.

ILoveImg

Pilihan lain untuk ubah ukuran foto 2×3 adalah dengan menggunakan ILoveImg ini. Itu dapat memotong berbagai format gambar, termasuk gambar JPG, PNG, SVG, serta GIF. Ini juga merupakan alat online yang mudah dinavigasi untuk mengubah ukuran foto dengan mudah dalam hitungan detik. Cara mengubah ukuran foto 2×3 dengan ILoveImg:

Langkah 1. Buka pengubah ukuran foto online dan unggah foto Anda.

Langkah 2. Sesuaikan px gambar dan ubah ukurannya.

Langkah 3. Unduh foto yang diubah ukurannya ke folder lokal Anda.

Alternatif Cara Edit Foto 2×3

Selain pengubah ukuran foto online tersebut, Anda juga dapat memilih alat lain untuk mengubah ukuran foto Anda menjadi 2×3. Lihat cara mengedit foto 2×3 dengan alat pengeditan tradisional, Microsoft Word dan Adobe Photoshop.

Microsoft Word

Tidak hanya untuk menulis konten, Anda juga dapat menggunakan Microsoft Word untuk melakukan pengeditan sederhana pada gambar Anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memotong foto Anda menjadi 2×3 dalam Microsoft Word.

Langkah 1. Buka Microsoft Word. Navigasikan ke Sisipkan > Gambar untuk menambahkan foto Anda.

Langkah 2. Klik kanan foto dan pilih Ukuran. Ketik tinggi menjadi 2,7cm dan lebar menjadi 2cm. Lalu klik Tutup.

Langkah 3. Klik kanan foto dan pilih Simpan sebagai Gambar untuk menyimpan foto yang diubah ukurannya.

📢Selain ukuran foto 2×3, Miscrosoft Word memungkinkan Anda mengubah ukuran foto 4×6 online gratis. Tidak perlu mengakses perangkat lunak pihak ketiga atau dilengkapi dengan keterampilan teknis.

Photoshop

Photoshop adalah editor foto paling profesional yang disukai oleh banyak desainer canggih. Mengubah ukuran foto hanyalah hal yang mudah bagi Photoshop. Ikuti langkah-langkah di sini untuk mengubah ukuran foto 2×3 dengan Photoshop:

Langkah 1. Buka Photoshop dan buka File untuk menambahkan gambar Anda.
Langkah 2. Klik Gambar di bilah menu atas dan pilih Ukuran Gambar. Kemudian sesuaikan tinggi dan berat foto.

Langkah 3. Buka File > Simpan untuk menyimpan perubahan Anda.

Cara Cetak Foto 2×3

Ada beberapa cara untuk mencetak foto 2×3. Anda dapat mencari layanan pencetakan foto profesional online atau offline atau mencoba mencetak sendiri dengan printer nirkabel. Periksa apa sebenarnya yang harus Anda lakukan berikut ini.

  1. Gunakan printer nirkabel: beli printer nirkabel secara online atau offline. Kemudian sambungkan printer ke komputer atau ponsel Anda. Buka foto 2×3 Anda yang telah diubah ukurannya dan cetak dengan printer.
  2. Cari layanan pencetakan foto online: mintalah bantuan pada layanan pencetakan foto online. Kirimi mereka foto yang telah diubah ukurannya dan tunggu pengirimannya.
  3. Pergi ke studio pencetakan foto: Anda juga dapat mendatangi studio pencetakan foto setempat secara langsung dan mengirimkan foto tersebut untuk dicetak.

Berapa Biaya Cetak Foto 2×3

Harganya akan bervariasi untuk layanan pencetakan foto yang berbeda. Selain itu, jika ingin mencetak lebih banyak, akan ada diskon. Misal cetak 15 lembar akan mendapat bonus 2 lembar. Berikut harga normal cetak foto yang bisa Anda jadikan referensi:

BarangHarga
Harga CETAK FITTING FOTO Ukuran 2×3 3×4 4×6 dan VISA Rp. 2,500
Harga cetak foto paspor ukuran 2×3 3×4 4×6Rp. 2,500
Harga paket cetak foto ukuran 2×3 3×4 4×6Rp. 300
Harga cetak foto instan ukuran 2×3, 3×4, 4×6, bahan silky premiumRp. 500

Kesimpulan

Dalam panduan ini, kami terutama membahas tentang cara mengubah ukuran foto menjadi 2×3. Ini adalah rasio yang umum digunakan dalam dokumen Indonesia. Dengan menggunakan pengubah ukuran foto bermanfaat yang disebutkan di sini, Anda dapat dengan mudah memotong foto ID Anda menjadi 2×3.

By Dolores

Saya seorang pembuat konten dan pemasar yang antusias dengan lebih dari 5 tahun pengalaman menulis profesional. Saya memegang gelar sarjana di bidang komunikasi dan memiliki rasa ingin tahu yang alami terhadap teknologi, sebagaimana dibuktikan oleh blog teknologi saya. Sebagai seorang yang gemar bepergian, saya memanfaatkan petualangan di lebih dari 10 negara untuk memasukkan perspektif budaya unik ke dalam artikel dan kampanye media sosial saya. Saya berkembang dalam mengembangkan konten menarik yang memberi informasi dan menginspirasi pemirsa.